Tarikh Tasyri' ( PERIODE PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN SUMBER DAN ASAS–ASAS TASYRI’ DALAM ISLAM )

PERIODE PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
 SUMBER DAN ASAS–ASAS TASYRI’
DALAM ISLAM
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah: Tarikh Tasyri’
Dosen Pengampu : Ainun Yudhistira, S.H.I., M.H.I.






JURUSAN S1-PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA

2016



Kata Pengantar
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Segala puji Dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw. Pembawa rahmat bagi semesta alam.
Perkembangan kajian ilmu tafsir di Indonesia dalam kurun waktu 20 tahun terakhir cukup menggembirakan. Hal ini di tandai dengan maraknya bermunculan buku-buku yang membahas tentang isi kandungan Al-Qur’an, tafsir ataupun terjemah. Perkembangan ilmu tafsir ini juga diwarnai dengan penerbitan buku-buku tafsir karangan para ulama tafsir Indonesia (Kementrian Agama RI,  2012).
Tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk dapat menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang luhur dan mulia. Untuk dapat menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an , seseorang membutuhkan seperangkat ilmu yang cukup sehingga ia dapat menggali dan mengurangi kandungan ayat-ayat tersebut.
Banyak ulama yang telah melakukan studi tafsir terhadap ayat-ayat Al-Qur’an, baik tafsir bil-ma’tsur (ayat dengan ayat atau ayat dengan hadits) maupun bir-ra’yi (ayat dengan akal). Di antara sekian banyak ulama yang melakukan studi tafsir itu adalah al-Imam al-Hafidz Imaduddin Abul-Fida Ismail bin Katsir (Ibnu Katsir). Beliau telah melakukan suatu kajian tafsir dengan sangat teliti dengan dilengkapi hadits-hadits dan riwayat-riwayat yang masyhur. Kecermatan dan kepiawaiannya dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an  yang mulia, menjadikan kitab tafsirnya itu sebagai kitab rujukan dan kajian di hamper semua mejelis kajian tafsir di seluruh dunia Islam (Ar-Rifa’I, 2000: 4).
Untuk file selengkapnya silahkan Klik disini

makalah selanjutnya

close
***E-money exchangers***

Popular Posts