Nilai Waktu Dari Uang

Konsep nilai wktu dari uang membahas tingkat bunga uang digunakan dalam perhitungan alirankas. Nilai uang saat ini (present value) akan berbeda dengan nilai uang tersebut di waktu yang akan dating ( future value ) hal ini di karenakan adanya factor Bungan. Jumlah uang tertentu yang akan di terima diwaktu yang akan dating jika dinilai sekarang maka jumlah uang tersebut didiskon dengan tingkat bunga tertentu. Factor bunga dalam kasusu ini dinamakan factor diskonto ( discount factor). Sebaliknya apabila jumlah uang tertentu saat ini dinilai untuk waktu yang akan datang maka jumlah uang tersebut harus digandakan dengan tingkat bunga tertentu. Factor bunga pad kasus penggandaan ini dinamakan factor pengganda atau pemajemukan ( compound factor).
Dalam dunia keuangan, sebagian besar keputusan keuangan selalu mempertimbangkkan nilai waktu dari uang. Sehingga penting kiranya kita mengetahui tentang konsep nilai waktu dari uang agar kita daoat memahami keuangan dengan baik. Pembahasan dimulai dari nilai waktu yang  akan datang ( future value ) dengan tingkat bunga sederhana dan tingkat majemuk.
A.   Nilai Waktu yang akan datang ( future value )
Future value aau FV merupakan suatu jumlah yang dicapai dari suatu nilai (uang) tertentu dengan pertumbuhan pembayaran selama periode waktu yang datang apabila dimajemukkan dengan suku bunga tertentu. Pemajemukkan (compounding) merupakan proses perhitungan nilai akhir dari suatu pembayaran atau rangkaian pembayaran apabila digunakan bunga majemuk. File selengkapnya Klik Disini
1.    Bunga sederhana
Bunga sederhana dalah bunga yang dibayarkan (dikenakan) hanya pada pinjaman atau tabungan atau investasi pokok saja. Jumlah uang dari bunga sederhana merupakan fungsi dari variable-variabel: pinjaman pokok, tingkat bunga pertahun, dan jumlah waktu lamanya pinjaman.
Rounded Rectangle: Si = Po (i) . (n)

Rumus untuk menghitung jumlah bunga sederhana adalah:


Dimana :
Si         à jumlah bunga sederhana
Po       à pokok pinjaman atau tabungan pokok
I           àtingkat bunga per periode waktu (dalam persen)
N         à jangka waktu
2.    Bunga majemuk
Bunga majemuk adalah bunga yang dibayarkan (dihasilkan) dari pinjaman (investasi) yang ditambahkan terhadap pinjaman pokok secara berkala. Hasilnya, bunga yang dihasilkan dari pokok pinjaman dibungakan lagi bersama-sama dengan pokok pinjaman tersebut, demikian seterusnya. Bunga tas bunga atau penggandaan inilah yang merupakan efek yang dihasilkan perbedaan yang dramatis antara bunga sederhana dan bunga majemuk. Dalam bidang keuangan konsep bunga majemuk dianggap dapat menyelesaikan semua persoalan.
Berikut perbandingan hasil yang diperleh antara menggunakan bunga sederhana dan menggunakan bunga majemeuk.
Tahun
Bunga Sederhana FVn = Po [1 + (i) . (n)]
Bunga Majemuk FVn = Po (1+i)n
0
Rp. 10.000
Rp. 10.000
1
Rp. 11.000
Rp. 12.100
2
Rp. 12.000
Rp. 13.310
10
Rp. 30.000
Rp. 67.270
40
Rp. 60.000
Rp. 1.173.910
Dari table tersebut terlihat bahwa perhitungan nilai masa depan antara bunga sederhana dan bunga majemuk meghasilkan nilai berbeda. Semakin lama jangka waktu uang dibungakan maka semakin besar perbedaan hasil antara bunga sederhana dan bunga majemuk. File selengkapnya Klik Disini
B.    Nilai sekarang (Present Value)
Present Value atau nilai sekarang merupakan besarnya jumlah uang pada awal periode yang diperhitungkan atas dasar tingkat bunga terntentu dari suatu jumlah yang baru akan kita terima atau kita bayrkan beberapa periode kemudian. Factor diskonto digunakan untuk mendiskontokan suatu nilai tertentu yang akan diterima pada waktu yang akan dating untuk nilai sekarang (saat ini). Menentukan nilai sekarang sebenarnya hanya kebalikan dari pemajemukan File selengkapnya Klik Disini
C.  Anuitas (Annuity)
Anuitas adalah suatu rangkaian pembayaran uang dalam jumlah yang sama yang terjadi dalam periode waktu terntentu. Ada dua macam anuitas, yaitu anuitas biasa (ordinary annuity) dan anuitas jatuh tempo (due annuity). Anuitas biasa atau juga disebut anuitas tertunda merupakan anuitas dari suatu pembayaran yang dilakukan pada akhir periode untuk setiap periode tertentu.
D.   Anuitas Nilai Masa Depan
Nilai yang akan dating dari suatu anuitas (future value of annuity atau FVAn) yaitu nilai anuitas majemuk masa depan dengan pembayaran atau penerimaan periodol (R) dan n sebagai jangka waktu anuitas. Missal kita menerima pembayaran sebesar Rp 10.000 tiap tahun dan uang tersebut kita simpan di bank dengan bunga 10% per tahun, maka aliran kas per tahunnya adalah:

E.    Anitas Nilai Sekarang
Nilai sekarang dari suatu anuitas (present value of annuity atau PVAn) adalah nilai I anuitas majemuk saat ini dengan pembayaran atau penerimaan periodic (R) dan n sebagai jangka waktu anuitas.
File selengkapnya Klik Disini
Ringkasan
Uang dikatakan mempunyai nilai waktu, karena orang lebih menyukai uang saat ini daripada saat mendatang, apabila jumlah nominal uang tersebut sama banyaknya. Hal ini dipertegas dengan dipilihnya penerimaan saat ini daripada nanti dan dipilihnya pembayaran nanti daripada saat ini, apabila menyangkut jumlah nominal yang yang sama.

Bunga majemuk menunjukkan bahwa bunga yang dihasilkan pada suatu periode, juga memberikan bunga pada periode berikutnya (bunga berbunga). Sedangkan present value, menunjukkan nilai saat ini dari suatu penerimaan atau pengeluaran pada waktu yang akan dating. Perhitungan perhitungan value  bias dibantu dengan menggunakan table yang tersedia hampir pada setiap buku manajemen keuangan.

Comments

makalah selanjutnya

close
***E-money exchangers***

Popular Posts